|  Lembaga Sertifikasi Profesi  |  SMK Negeri 1 Klaten  |  Telp. (0272) 321266  |  [email protected]  |

SMK Negeri 1 Klaten Gelar Workshop Penyusunan dan Validasi Materi Uji Kompetensi (MUK)

in Berita
20. 12. 04
Hits: 1267

Lembaga Sertifikasi Profesi SMK Negeri 1 Klaten menyelenggarakan Workshop Penyusunan dan Validasi Materi Uji Kompetensi.

Atas dasar pemikiran bahwa tuntutan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) akan tenaga kerja yang berkualitas dan kompeten dibidangnya maka diselenggarakanlah kegiatan ini. Adapun tujuan yang akan di capai dari pelaksanaan workshop ini adalah :

  1. Meningkatkan kualitas dan kemampuan para Assessor kompetensi khususnya dalam penyusunan perangkat sertifikasi profesi.
  2. Tersusunnya Materi Uji Kompetensi (MUK) yang berkualitas guna memenuhi kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)

Workshop diselenggarakan dari tanggal 3-4 dan 7-8 Desember 2020, diikuti oleh 28 Assessor Kompetensi yang ada di lingkup SMK Negeri 1 Klaten. Dalam menyusun MUK, para peserta di bimbing langsung oleh Master Assessor BNSP Bpk. Mulyo Budi Setiawan. Salah satu tantangan yang harus dihadapi peserta yaitu harus menyelesaikan MUK dalam waktu yang relatif singkat sehingga dibutuhkan kerja ekstra agar dapat terselesaikan sesuai target.

Setelah MUK berhasil disusun dan divalidasi, para peserta selanjutnya harus menguji perangkat assesment kepada rekan sejawat dengan latar belakang pendidikan yang sama. Hal ini dilakukan untuk memastikan perangkat assesment yang telah disusun, sudah memenuhi standar dan komprehensif untuk dijadikan unit dalam skema sertifikasi yang nantinya akan diujikan kepada para siswa.

Hasil dari kegiatan workshop ini, para Assessor kompetensi yang bernaung dibawah LSP SMK Negeri 1 klaten mampu menyusun materi uji kompetensi yang berkualitas sehingga kualitas para siswa SMK Negeri 1 klaten yang memegang sertifikasi kompetensi tidak diragukan kompetensinya oleh DUDI.

Kompeten ....Bisa !

Salam Kompeten