|  Lembaga Sertifikasi Profesi  |  SMK Negeri 1 Klaten  |  Telp. (0272) 321266  |  [email protected]  |

KERJASAMA UJI KOMPETENSI DENGAN MITRA IDUKA

in Berita
21. 04. 14
Hits: 746

Pada pelaksanaan Uji Kompetensi tahun ini, LSP P1 SMK Negeri 1 Klaten menjalin kerja sama dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) untuk membentuk suatu program dengan tujuan mensukseskan kegiatan link and match.

Link and match merupakan bentuk Kerjasama yang saling memberikan keuntungan antara IDUKA dengan Pendidikan vokasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia khususnya untuk siswa SMK Negeri 1 Klaten. Mengingat pentingnya program ini, maka pelaksanaan uji kompetensi yang diselenggarakan di SMK Negeri 1 Klaten menjalin Kerjasama guna meningkatkan kualitas pelaksanaan Uji kompetensi dengan beberapa IDUKA. Adapun beberapa IDUKA yang menjadi partner LSP SMK Negeri 1 Klaten dalam pelaksanaan uji kompetensi kali ini diantaranya Akuntansi dan Keuangan Lembaga dengan PT. Intan Pariwara, Bisnis Daring Pemasaran dengan Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), Multimedia dengan INO Photo dan Video , serta Produksi dan Siaran Program Televisi yang bekerjasama dengan PUSDATIN dan One Packer Studio.

     Pada Program Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi, pertemuan dengan PUSDATIN dilaksanakan di Aula SMK Negeri 1 Klaten pada tanggal 9 s.d 10 April 2021 dengan menerapkan protokol Kesehatan yang ketat dan dihadiri oleh perwakilan dari PUSDATIN, Serta dihadiri juga oleh Rumah Dokumenter sebagai mitra IDUKA lokal. Keterliban PUSDATIN pada Uji Kompetensi tahun ini dikarenakan untuk Program Keahlian Produksi dan Siaran Program Televisi telah melakukan Kerjasama dalam hal pembuatan konten video pembelajaran berbasis televisi. Penandatanganan dan serah terima MOU perjanjian Kerjasama pun berhasil dilakukan di dalam acara yang diselenggarakan 2 hari tersebut.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membagi pengalaman dengan kondisi di lingkungan sekolah sehingga dapat dilakukan uji kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan IDUKA, serta dapat menghubungkan ilmu dan sumber daya pada industri yang dapat memberikan wadah bagi alumni SMK Negeri 1 Klaten untuk memasuki dunia kerja.